Monday, December 16, 2013

Tentang Visi Menulis Saya

Original post 6 Nov 2011

Entah sudah berapa banyak orang yang membaca blog ini, membaca tulisan saya di beberapa media, membaca tulisan saya di blog yang lain, membaca tweet saya, membaca status saya, dan membaca buku saya. Bisa jadi tidak ada, bisa jadi ada, bisa jadi banyak. Sudah beberap orang yang memberi saran ke saya untuk menulis buku.
sumber: tiyaradam.wordpress.com
Persoalannya sederhana.
Ada prinsip pembuatan buku yang belum sesuai dengan visi menulis saya.
Saya malu menulis pada bidang yang tidak saya kuasai, kecuali di blog ini. Hanya disini saya coba-coba tulis tentang Lee min-ho, Spongebob, Shaun The Sheep, dll, di tempat lain? Mana berani? Saya bisa saja menulis 25 CARA JADI KAYA LEWAT INTERNET dengan menggunakan beberapa buku jadi daftar pustaka, tapi SAYA BELUM KAYA LEWAT INTERNET, itu yang membuat saya nggak mau menulis topik itu. Sama juga ketika saya mau menulis tentang diabetes, saya nggak sungguh paham, meskipun mudah sekali membuat buku dengan literatur plus jurnal dari jaman kuliah dulu. Ini masalah saya. Saya lebih baik menulis FIKSI, TRUE STORY, atau kalaupun mau menulis bidang, maka bidang yang mungkin saya jadikan buku adalah ke-PPIC-an. Itu saja.
Kalau ada buku yang bilang tentang CARA KAYA LEWAT INTERNET misalnya, saya akan meragukan. Kalau memang penulisnya kaya, ngapain dia nulis buku, kan sudah kaya? Dan begitu seterusnya. Sehingga saya terbatas pada keadaan bahwa saya akan menulis hanya pada bidang saya saja. Sejauh ini, selain PPIC, saya mungkin bisa menulis tentang sakit kepala, skripsi saya dulu.
Itu visi menulis saya. Sehingga saya berharap berbagi dalam expertise, tidak dalam keilmuan yang ngambang. Dan karena saya belum punya ilmu banyak, tugas saya adalah berlari kencang menggali ilmu sembari menulis fiksi atau true story.. hehe..
SEMANGAT!

No comments:

Post a Comment