Monday, December 16, 2013

Mengadaptasi

Original post 20 Oktober 2011

Barusan dapat request yang naujubilaahhhhhhh..
Ada hal-hal yang mungkin, ada hal-hal yang logis. Tapi mungkin dan logis itu hanya relevan pada konteks ruang dan waktu yang pas!
Anggaplah ini pabrik traktor yang sifatnya MTO, bisakah dibuatkan perencaaan detail se-sekrup2nya month by month. Oke kalo dibilang bisa. Kalau lantas di tengah jalan ada order, gede, apakah itu lantas menjadi A/B budget miss? Dimana penghargaan terhadap income opportunity kalau begitu?
Jujur saja, ada perbedaan cukup mendasar antara kantor awal saya yang cuma sebentar sekali, lalu kantor berikutnya. Mendasar sekali. Karena sifatnya berbeda. Pun dengan yang sekarang.
Apa lantas saya boleh menyamaratakan seenaknya? Ya kalau begitu maka saya akan dilempar sepatu sama orang-orang yang memaksa saya menyamakan pola yang sudah berjalan dengan yang sudah saya punya dulu.
Meski sulit, tapi melakukan penyesuaian itu perlu. Mungkin di tempat lama, fasilitas perhitungan lengkap, di tempat baru ngos-ngosan. Tapi toh perhitungan harus berjalan kan?
Karena benar deh, kalau kita memaksa, jangan salahkan kalau orang-orang akan melempari kita dengan sepatu mereka.
Semangat!

No comments:

Post a Comment