Tuesday, July 30, 2013

Semakin Dekat

(Original post 19 Maret 2012)

Sudah jelas dan lugas apa cita-cita saya yang ironisnya baru ketemu setelah saya ditawari promosi jabatan selevel supervisor. Sungguh orang gila saya ini. Saya mencoba mencari arah lain, dengan jalur perifer, dan mulai menampakkan hasil.
Dimulai dengan sebuah buku antologi indie, yang sayapun nggak tahu siapa itu yang buat. Lalu dilanjut dengan buku kumpulan kisah teman-teman di Cantus Firmus. Lalu lolos di 5 lomba waktu nulisbuku.com ulang tahun. Percayakah, semuanya nggak ada hadiahnya!
Saya nggak ngejar hepeng-nya, tapi pengakuannya. Perlahan banget saya jalan. Saking perlahannya, jelas dari progress bayi novel saya. Di bulan yang lebih dulu dari buku antologi yang pernah saya ikuti, saya sudah nulis ceritaalfa, tapi malah kejadiannya wagu. Sampai 8 buku antologi indie lain, itu kisah juga ga kelar-kelar. Hehehe..
7 buku awal di nulisbuku.com dan tiada ber-ISBN karena tiada diurus. Nah, pas ke-8, diterbitkan via LeutikaPrio dan dapat ISBN. Haiyaaaa.. Lumayan, pada buku ke-8 baru dapat coba! Pelan banget ya?
Dan saya mencoba di penerbit mayor, pas ada lomba KOMEDI CINTA GALAU. Emang saya bisa apa?
Nyatanya masuk, artinya banyak. Saya diapresiasi, saya dapat duit hadiah, plus saya setidaknya bisa membuat dewan juri tertawa. Artinya? I can write comedy! Padahal paling ngeri nulis komedi tanpa tendensi menulis ‘hehehehe…’
Cuma sedikit bermasalah. Konteks cerita itu murni fiksi, namun sumber-sumber kelakuannya asli. Dan yang paling ngenes adalah nama tokoh yang dipakai adalah nama gebetan. Ketahuan ntar? Haduh.. Plus, nama gebetannya gebetan yang kebetulan bukan nama saya. APA KATA DUNIA KALAU MEREKA BACA CERPEN ITU? Haiyaaaahhhh..
Dulu mikirnya, ah, belum karuan menang ini.
Sekarang giliran uda masuk naskah terpilih. Galau gara-gara nama tokoh. Mateng gueeee.. :)
Gpp deh. Biarin. Semoga lolos yang ini bisa memacu kelolosan yang lain lagi. SEMOGA, SEMOGA, SEMOGA! Amin!

No comments:

Post a Comment