Sunday, July 28, 2013

Membayangkan Cikarang 16-20 Januari 2012 Mendatang

(Original post 15 Januari 2012)

Lanjutan dari demo yang sudah dihelat minggu lalu di sekitar kawasan MM, maka direncanakan 16-20 Januari mendatang, sesuai surat terlampir, akan terjadi demo besar-besaran dari Buruh Bekasi Bergerak terkait gugatan APINDO ke PTUN Bandung menyoal kenaikan upah.
Kalau demo kemarin, akses jalan kota di sekitar Cibitung macet total. Sehingga jelas pekerja dari Bekasi ke arah Cikarang terhambat. Sementara yang di wilayah EJIP, Delta, dan Jababeka masih biasa. Malah, ada karyawan di pabrik di Jababeka yang dari Cibarusah heran. Kok perempatan EJIP sepi banget?
Nah, besok ini karyawan tadi tidak bisa demikian lagi karena lokasi perempatan EJIP itu menjadi titik kumpul bersama dengan Patung Kuda Jababeka II. Sudah terbayang bahwa bila dua titik ini penuh oleh massa sebagai titik kumpul, maka pergerakan di Cikarang akan sulit berjalan mengingat dua titik ini adalah titik kunci. Perempatan EJIP akan menjadi jalan yang dilewati masyarakat dari Cibarusah, Serang, dan sekitarnya ke arah Cikarang utamanya Jababeka. Demikian pula dari arah Lemahabang dan sekitarnya ke arah Delta, EJIP, dll akan melewati Patung Kuda.
Untuk pihak-pihak yang bersinggungan dengan lokasi-lokasi itu tentunya perlu mencari jalan pintas atau jalan yang tidak biasa dilewati, mengingat aksi yang akan dilakukan cukup masif.
Yah, semoga ada penyelesaian yang baik deh untuk masalah ini. Saya dengan info dari twit rekan di kawasan industri lain, kayaknya akan ada demo serupa di kawasannya (jauh kok dari Cikarang). Ya, entahlah.. Saya tidak mau membayangkan, dijalani saja :)

No comments:

Post a Comment